10 Bangunan Kuno Tertinggi di Dunia

Posted on

Pada masa modern seperti saat ini, banyak sekali kita temui bangunan-bangunan besar yang ada di seluruh dunia. Kemajuan teknoloi dan arsitektur memudahkan manusia untuk menciptakan bangunan-bangunan vertikal yang menjulang tinggi. Tercatat untuk saat ini rekor gedung tertinggi di dunia dipegang oleh Burj Khalifa yang ketinggiannya mencapai 829,8 meter.

Namun tahukan Anda bahwa bangunan-bangunan tinggi sudah ada dari jaman dahulu? Tentunya saat itu manusia membangunnya dengan teknologi yang sangat sederhana. Fungsi bangunannya juga bukan sebagai apartemen atau perkantoran seperti yang kita jumpai saat ini. Mayoritas bangunan-bangunan tersebut dijadikan sebagai tempat untuk memuja dewa-dewa. Sayangnya, sebagian dari bangunan-bangunan tersebut sudah mengalami kehancuran.

Dikutip dari kaskus.co.id, berikut ini adalah daftar 10 Bangunan Kuno Tertinggi di Dunia:

  1. Piramida Agung Giza
    94a

Sebagai salah satu piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis, Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Ketinggian piramida ini mencapai 146,6 m. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu. Perkiraan waktu penyelesaian Piramida ini disepakati sekitar tahun 2560 BC.

  1. Piramida Khafre
    94b

Piramida ini adalah piramida Mesir Kuno terbesar kedua di kompleks piramida Giza. Piramida ini merupakan makam firaun Khafra dari dinasti ke-4. Piramida Khafre memiliki panjang 215.5 m dan tinggi 143.5 m. Piramida ini terbuat dari blok-blok batu kapur.

  1. Mercusuar Iskandariyah
    94c

Mercusuar yang juga dikenal dengan nama Pharos Alexandria ini adalah sebuah mercusuar yang dibangun pada abad ke-3 SM di pulau Pharos yang berdekatan dengan kota Iskandariyah kuno, Mesir Kuno. Ketinggiannya diperkirakan melebihi 115 m dan merupakan struktur tertinggi ciptaan manusia selama beratus-ratus tahun. Desain dan bangunan mercusuar ini dirancang oleh Sostratus dari Snidus atas petunjuk Satrap (Gubernur) Ptolemeus I, seorang panglima Alexander Agung. Selepas Alexander meninggal dunia, Ptolemeus memproklamasikan diri sebagai raja baru dan mengarahkan pembangunan mercusuar. Bangunan ini disiapkan semasa pemerintahan anaknya, Ptolemeus II Philadelphus.

  1. Piramida Merah
    94d

Piramida ini dibangun oleh Firaun Sneferu. Piramida ini memiliki panjang 220 m dan tinggi 104 m. Piramida merah sempat menjadi piramida terbesar di Mesir, sampai pembangunan Piramida Giza. Piramida ini juga disebut Piramida Utara dan merupakan yang terbesar dari tiga piramida utama yang terletak di pekuburan Dahshur.

  1. Ruwanwelisaya
    94e

Bangunan ini sebenarnya adalah sebuah stupa di Sri Lanka, yang dianggap sebagai salah satu keajaiban diantara bangunan-bangunan kuno dalam hal kualitas arsitektur dan disucikan oleh banyak umat Buddha di seluruh dunia. Stupa ini selesai dibangunan pada 140 tahun sebelum masehi. Tingginya mencapai 103 m dengan keliling 209 m.

  1. Etemenanki
    94f

Etemenanki merupakan nama sebuah zigurat dipusat kota Babilonia kuno yang difungsikan sebagai tempat pemujaan bagi dewa marduk. Etemenanki ini dibangun pada abad ke-6 sebelum masehi. Tinggi asli bangunan ini mencapai 91 m. Namun sekarang hanya tertinggal puing-puing sisa kehancuran Etemenanki.

  1. Abhayagiri
    94g

Abhayagiri merupakan sebuah biara di Anuradhapura di Ceylon. Bihara Abhayagiri ini diasaskan oleh Raja Vattagamani Abhaya dan selesai dibangun pada 103 tahun sebelum masehi. Ketinggian bihara ini mencapai 74.6 m.

  1. Candi La Danta
    94h

Candi La Danta berada di El Mirador, yaitu sebuah kompleks peradaban suku Maya tepatnya di utara Departemen El Petén, Guatemala. Ketinggian Candi La Danta ini mencapai 72 m. Candi ini selesai dibangun pada 300 tahun sebelum masehi.

  1. Monticulo Cupisnique
    94i

Monticulo Cupisnique berada di Huaca Prieta, yaitu sebuah situs prasejarah yang di provinsi La Libertad, Peru. Dulunya bangunan ini diperkirakan memiliki tinggi sektar 70 meter. Pembangunannya selesai pada 2400 tahun sebelum masehi.

  1. Piramida Agung Cholula
    94j

Piramida Agung Cholula, yang juga dikenal dengan nama Tlachihualtepetl (dalam bahasa Nahuatl berarti “gunung buatan”), adalah piramida (kuil) terbesar di Dunia Baru. Piramida ini berdiri setinggi 55 m dan berukuran 400 x 400. Piramida Agung Cholula dibangun untuk menyembah dewa Quetzalcoatl. Gaya bangunnya mirip dengan Teotihuacan di Lembah Meksiko, meskipun dari El Tajin juga dapat terlihat jelas. Piramida ini terletak di Cholula, Puebla, Meksiko

Wow, besar dan megah ya bangunan-bangunan di atas? Hal ini membuktika bahwa dunia arsitektur jama dahulu pun tidak kalah hebatnya dari jaman sekarang.