Ini 6 Cara Cepat Bikin Rata Perut Buncit, Mudah Loh

Posted on

Memiliki perut buncit terkadang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan, melainkan juga bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Lemak berlebih yang berada di area perut disebut dengan lemak visceral. Bila diabaikan, lemak ini bisa memicu hadirnya risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memangkas lemak agar perut buncit hilang, salah satunya dengan mengatur pola dan asupan makan. Pakar diet Michael Mosley yang juga penggagas diet 5:2 berbagi tips sederhana meratakan perut buncit, dilansir dari laman Dailystar, Selasa (20/12/2016):

  1. Konsumsi lemak sehat

“Ada bermacam-macam jenis lemak. Ikan yang mengandung lemak baik untuk Anda karena bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama,” ujar Michael.

  1. Hindari alkohol

“Berhenti mengonsumsi alkohol selama beberapa hari dalam seminggu akan membantu lever beristirahat,” Michael menyarankan.

  1. Jangan mencemil saat jeda antara makan

Michael tidak menyarankan untuk banyak makan makanan dalam porsi kecil. Menurutnya itu hanyalah mitos diet.

  1. Setop minum jus buah

“Salah satu aturan utamaku adalah berhenti minum jus buah. Jus dan smoothies merupakan cairan, jadi Anda tidak terlalu menyadari kalori (yang terkandung), tapi itu tidak sehat,” jelas Michael.

  1. Pangkas makanan karbohidrat bergula

Untuk mengatasi perut buncit, Michael merekomendasikan untuk menghindari jenis karbohidrat yang diberi gula seperti cokelat, cake, dan roti.

“Roti mengandung banyak gula, kecuali Anda membuatnya sendiri,” kata Michael.

  1. Monitor perkembangan Anda

Menurut Michael, cara terbaik mengukur lingkar perut yaitu di sekitar pusar. Ukurannya harus kurang dari setengah tinggi badan Anda. “Lemak perut adalah lemak paling buruk. Lebih baik Anda mengukur (lingkar pinggang), bukan dengan menimbang berat badan,” kata Michael.

Jika lemak perut terlihat membandel dan Anda merasa tak mampu memangkasnya, coba tambahkan lima jenis makanan yang akan membakar lemak perut dengan cepat ke dalam menu Anda.

Makanan super yang mampu memangkas lemak dengan cepat itu antara lain kacang walnut, lada hitam, kacang-kacangan, serta jenis karbohidrat baik.

Selain itu, mendapat kecukupan tidur juga bisa mempercemat pembakaran lemak. Hal ini disebabkan karena ketika Anda lelah, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. Artinya, keinginan untuk mencemil lebih besar.

Kurang tidur juga berpengaruh pada produksi hormon, kadar kortisol, serta berdampak pada sensitivitas insulin, salah satu penyebab bertahannya perut buncit. Maka dari itu Anda harus sangat memperhatikan kualitas tidur Anda.

Sumber: health.liputan6.com