Benarkah Roh Kita Menghilang Saat Merasa Terjatuh Ketika Tidur?

Posted on

benarkah-roh-kita-menghilang-saat-merasa-terjatuh-ketika-tidur

Kebanyakan orang beranggapan jika seseorang tidur maka orang itu akan bermimpi. Terkadang mimpi itu bisa mimpi indah atau bahkan mimpi buruk. Tetapi hampir setiap orang pernah bermimpi jika dirinya tiba-tiba seperti tejatuh, tersandung, terlempar ke jurang atau terhempas ke ruangan yang kosong. Sebagian orang beranggapan jika hal itu sesuatu yang biasa dan mengabaikannya. Padahal tidak sedikit orang yang tiba-tiba mengalami hal itu langsung merasa panik bahkan tidak bisa kembali tidur.

Banyak beredar mitos tentang fenomena merasa terjatuh ketika tidur. Tidak dipungkiri bahwa banyak yang mempercayai jika seseorang yang bermimpi jatuh maka roh atau jiwa orang itu menghilang. Ada pula yang mengatakan bahwa jiwa orang yang mengalami hal itu telah dikuasai oleh kekuatan gelap.

Sleep.org melansir, apa alasan sebenarnya tubuh kita mengalami fenomena merasa terjatuh. Ketika tidur, orang melewati 4 fase dimana fase pertama merupakan perasaan terjatuh saat tidur. Perasaan terjatuh saat tidur itu dinamakan NREM.

Orang akan segera tertidur jika otot-otonya rileks. Namun pada saat itu, otak terkadang akan bingung dan berpikir bahwa kita tengah terjatuh. Ini mengakibatkan otak akan menjadi tegang dan membuat kita kaget dan serasa seperti terjatuh.

Jika kita merasa seperti ada kejutan listrik saat tengah tidur, hal ini biasanya dikarenakan kita telah melewati hari yang sangat melelahkan, mengalami masalah tidur atau sedang mengalami kecemasan.

Oleh karena itu, sekarang kita tidak perlu khawatir jika tiba-tiba merasa seperti terjatuh saat tidur karena hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah