GJ 536, Planet Baru yang Dijuluki “Super Earth”

Posted on

13

Para peneliti dari Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC) dan The University of La Laguna (ULL) menemukan planet baru yang massanya 5,4 kali lebih besar daripada Bumi. Planet baru tersebut diberi nama GJ 536. Mengapa dijuluki sebagai “Super Earth”?

Planet ini diketahui mengorbit sebuah bintang berwarna merah dalam waktu 32,7 tahun cahaya. Planet GJ 536 dikatakan lebih besar 5,4 kali daripada massa bumi, oleh sebab itu, planet bar tersebut dijuluki dengan Super Earth.

Melalui pengamatan, planet ini masih belum layak huni oleh manusia. Diketahui dari jarak aman melalui bintang yang diorbitnya dimana bintang tersebut terlalu dekat, diyakini bahwa planet ini memiliki banyak air. “Sejauh ini GJ 536 menjadi salah satu planet yang terus kami pantau. Kami berharap bisa menemukan planet sahabat lainnya,” papar Alejandro Suárez Mascareño dari Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC).

Lebih lanjut lagi, pemantauan GJ 536 akan difokuskan melihat jaraknya dengan matahari dan juga kepadatannya. Hal ini mengingat fakta dimana semakin jauh sebuah planet dari matahari, maka semakin dingin suhu planet tersebut. Namun karena GJ 536 dekat dengan bintang yang diorbitnya, ia jauh lebih lebih terang.

Penemuan GJ 536 ini merupakan salah satu dari “Project Blues” yang merupakan proyek dari para peneliti dan astronot untuk menemukan planet-planet lainnya. Nama “Project Blues” sendiri diambil saat peneliti yang berbasis di New York ini menemukan gambar terkenal “Pale Blue Dot”, atau foto Bumi yang diambil dari Voyager 1 yang jaraknya miliaran mil jauhnya. Proyek ini direncanakan akan mendanai, membangun, dan meluncurkan sebuah teleskop untuk menangkap gambar dari planet baru lainnya pada 2019.