Rice Cooker pertama di Jepang besutan Sony Tokyo Telecommunications Research Institute

Ini Dia Penampakan Rice Cooker Pertama di Dunia

Posted on

Menanak nasi menggunakan rice cooker merupakan rutinitas masyarakat Indonesia. Nasi adalah makanan pokok di Indonesia, karena itulah rice cooker menjadi salah satu perabot yang biasa di jumpai  di setiap rumah.

Nah, beberapa waktu yang lalu sempat menjadi tren cuitan pengguna Twitter yang meramaikan hashtag #GueYakinGueOrangIndonesia berikut:

Ada juga cuitan yang menyebutkan bahwa cuma ada di Indonesia, makan mi dengan nasi, seperti cuitan berikut ini:

Nah, begitu pentingnya nasi di kehidupan kita, pernahkah kamu kepo gimana sih bentuk rice cooker pertama kali?

Laman Gizmodo memberitakan, produk pertama rice cooker dikeluarkan oleh perusahaan Sony di Jepang pada tahun 1945. Saat itu, sang founder, Masaru Ibukia menciptakan rice cooker elektrik pertama kali kemudian disebar hanya di beberapa wilayah Jepang usai perang dunia ke-2.

Produk ini sebenarnya dikeluarkan di bawah bisnis perusahaan Tokyo Telecommunications Research Institute, sebelum dikeluarkan oleh Sony yang belum menjadi perusahan incorporated.

Saat itu, menanak nasi dengan alat ini masih bergantung pada arus listrik yang tidak diatur, jenis beras atau berapa banyak air yang harus digunakan seperti sekarang ini. Oleh karena itu, produk ini tidak benar-benar dirilis di pasaran.

Prototipe atau bentukan mirip dengan rice cooker ini justru berada dalam arsip perusahaan Sony di Shinigawa, menjadi sebuah peninggalan bersejarah sebelum adanya produk elektronik.

SONY DSC

Foto-foto rice cooker ini diabadikan oleh Nick Broughall saat berkunjung ke Tokyo di museum arsip produk-produk Sony.

Sumber: tribunnews.com