Jangan Suka Minum Teh Sehabis Makan, Ini Akibatnya….

Posted on

1

Biasanya orang suka meminum es teh maupun teh hangat setelah mereka makan. Namun, tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh?

Dirangkum dari laman tribunnews.com, ternyata minum teh bersamaan dengan makanan utama tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena minum teh setelah makan akan mengganggu organ pencernaan, daun teh yang bersifat asam memengaruhi kemampuan tubuh mencerna makanan.

Selain itu, asam dari teh juga membuat protein yang kita asup lebih sulit dicerna. Teh juga mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi dalam makanan dan membuatnya sulit diserap tubuh. Teh akan mengikat zat besi yang diproduksi oleh makanan yang kita makan, sehingga tubuh akan kesulitan menyerap 60 persen zat besi.

Padahal, zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh, satu di antaranya untuk membantu produksi sel darah merah. Jika jumlah zat besi di dalam tubuh sedikit, maka sel darah merah pun akan berkurang, dan mengakibatkan anemia.

Beberapa orang menganggap anemia adalah penyakit biasa, namun harus kita ketahui bahwa sel darah merah merupakan alat transportasi oksigen untuk tubuh, terutama menuju otak. Selain itu, anemia bisa menyebabkan tubuh tidak bersemangat dan gampang capek.

Jika otak kekurangan oksigen, maka dapat menimbulkan kerusakan. Itulah sebabnya orang sering merasa pusing saat anemia.

Jika kalian ingin mengonsumsi teh, berilah jeda dua hingga tiga jam setelah makan makanan berat supaya zat besi bisa diproduksi dengan baik.

sumber: tribunnews.com