Kenali Beberapa Gejala Kanker Paru Sebelum Terlambat

Posted on

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Diagnose kanker sebenarny bisa dilakukan sejak dini, namun kebanyakan kasus baru mengetahui terjangit kanker setelah berada pada stadium lanjut. Salah satunya termasuk kanker paru. Nah sebelum terlambat sehingga menyebabkan kanker bertambah parah, yuk kenali gejala kanker paru.

Menurut dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengenali gejala kanker paru bisa dilihat dari empat hal. Hal pertama adalah batuk yang berlangsung lama seperti lebih dari dua minggu.

“Gejala lainnya adalah nyeri di dada, sesak di dada dan batuk darah,” ucap dr Elisna.

Lantas, bagaimana cara membedakan gejala kanker paru dengan gejala sakit biasa? Ia menjelaskan bahwa untuk membedakannya, hal tersebut bisa dilihat dari riwayat seseorang apakah termasuk kelompok orang yang berisiko atau tidak.

dr Elisna juga menambahkan bahwa gejala kanker pada perokok aktif dan pasif tidak ada bedanya hanya saja yang membedakan gejalanya adalah lokasi kanker paru tersebut.

“Paru-paru kan luas jadi misalnya kanker di salauran napas tentu menjepit maka gejalanya dia akan sesak napas. Kalau di dinding paru pasti dadanya akan terasa nyeri,” sambung Elisna yang praktik di RSUP Persahabatan ini.

Oleh karena itu, ia pun menyarankan kepada semua orang khususnya kelompok orang yang berisiko terkena kanker paru-paru untuk melakukan pemeriksaan kesehatan paru minimal satu tahun sekali. Pemeriksaannya pun harus dilakukan rutin dan tidak hanya dengan foto rontgen saja namun juga berkonsultasi ke dokter paru.

“Jangan nunggu gejala baru ke dokter. Tapi sebelum adanya gejala,” pungkas dr Elisna.

Sumber: detikhealth