Merasakan Cuaca Ekstrem? Bersiap-siaplah Ini Jadi Cuaca Normal di Tahun 2025

Posted on
Cuaca Ekstrem
Cuaca Ekstrem

Banyak orang berpendapat bahwa cuaca di tahun 2016 ini sudah merupakan yang terhangat. Mungkin bagi kita yang hidup di daerah tropis, pergantian cuaca ekstrim tidak terlalu terasa. Tapi lain halnya bagi orang-orang yang hidup di Amerika, Eropa, dan negara-negara empat musim lainnya. Mereka sudah mulai tersiksa dengan adanya cuaca ekstrim tersebut. Kabarnya, suhu hangat pada cuaca ekstrem tersebut diprediksi akan menjadi hal yang lumrah pada tahun 2025 mendatang.

Pada studi terbaru yang diterbitkan di Bulletin of American Meteorological Society menyebutkan bahwa temperature paling panas yang terjadi tahun lalu akan menjadi standar baru secara global pada 10 tahun ke depan. Hal tersebut diprediksi akan terjadi jika pelepasan emisi karbon yang terjadi saat ini terus berlangsung sampai tahun tersebut.

Peneliti menyatakan bahwa transisi suhu hangat dan cuaca ekstrem itu akan menjadi tak terhindarkan jika kadar emisi yang terjadi hari ini tak segera diatasi dengan baik dan bijak. Dilansir dari IBT Times, Senin (14/11), model model perubahan iklim yang mungkin terjadi secara global dan regional telah dianalisis dan diprediksi akan terjadi jika emisi karbon tetap ada di level hari ini.

Jika studi tersebut benar, maka cuaca ekstrem dan suhu hangat yang terjadi pada tahun ini akan menjadi sesuatu yang biasa di tahun 2025. Pada tahun tersebut dan seterusnya, separuh bumi akan menjadi lebih panas dari biasanya, sementara separuh lainnya akan menjadi lebih dingin, ungkap kepala peneliti Sophie Lewis.

“Hal tersebut akan menjadi normal, Australia akan menajdi korban pertama yang merasakan perubahan tersebut,” jelas Lewis.

Australia sebelumnya diketahui pernah mencetak rekor negara dengan musim terpanas pada 2013 dimana suhu mencapai 50 derajat celcius, mengakibatkan tekanan signifikan pada layanan kesehatan dan infrastruktur setempat. Fenomena tersebut terkenal dengan Australia Angry Summer.

Peneliti menyebutkan bahwa jika tidak bertindak cepat, maka fenomena Australia Angry Summer 2013 bisa mungkin terjadi lagi dan akan menjadi hal yang normal setiap tahun. Bagaimana menurut anda?